Bumbu Desa

Wednesday 23 December 2009



Huuaahhh.. I just got back from Bandung last night :D it was unplanned and quite short vacation. Sangat-sangat nggak afdol rasanya liburan ke Bandung kalo nggak wisata kuliner. Walaupun cuma 2 hari satu malem, harus disempetin makan berbagai macam makanan yang ada disana..


Bagi yang sering ke Bandung pasti tau deh tempat ini. Kata nyokap gue yang udah beberapa kali ke Bandung bilang kalo Rumah Mode yang ada di Jl. Riau ini adalah salah satu factory outlet (fo) yang popluer di Bandung. Jadi ini kayak satu omplek gitu. Selain ada fo nya, juga ada beberapa tempat yang menjual beraneka makanan. Mulai dari makanan-makanan berat sampe jajanan-jajanan untuk oleh-oleh. Ada tempat bermain anaknya juga. Nggak salah tempatnya selalu penuh dikunjungin wisatwan, terutama di waktu liburan seperti sekarang. Ramenya gila-gilaan. Yang ada di parkiran aja kebanyakan mobil-mobil dari Jakarta dan dari daerah lainnya. Sedikit banget deh gue liat mobil yang platnya D :p



Akhirnya gue dan sekeluarga gue sepertinya terhipnotis oleh satu tempat makan yang antriannya panjang dan udah kecium aroma masakannya dari luar. Namanya Bumbu Desa. Eh bener aja. Pas kita masuk semua meja udah penuh. Yaudah lah yaa, dijalanin aja :p Hampir sama seperti restoran-restoran sunda yang lain, salah satu ciri khasnya makanan yang ingin kita makan disajikan seperti prasmanan. Untuk lauknya udah dibumbuin, jadi tinggal di goreng atau dibakar. Kalo sayurannya biasanya langsung bisa dimakan. Yang bikin unik, semua makanannya itu disusun berjejer dari ujung ke ujung diatas cobek berukuran jumbo, hihiii.. Masakan yang disajikan juga beraneka ragam ( dari beberapa tempat masakan sunda yang disajikan sepert prasmanan, ini adalah menu yang terbanyak dan terlengkap menurut gue, hehe.. ) Ada ayam bakar, ayam goreng, empal, udang, ikan gurame, ikan bawal, berbagai macam jeroan, tahu tempe goreng dan bacem, perkedel, genjer, tumis kangkung, terong balado dan masih banyak lagi. Waktu liat ada tempat kosong, gue langsung setengah lari ke meja itu ( takut diambil orang, hihiii.. ) . Setelah duduk, makanan gue sekeluarga pun datang.












Humm, nyam nyam nyaaam.. Guramenya ukurannya guedeee. Gue aja makannya berdua sama ade gue. Rasanya enak lah, sama seperti gurame yang lain. Tapi disini hasil gorengannya bagus, kuning keemasan. Dagingnya juga tebel dan garing banget. Nasinya disediaiin pake bakul untuk porsi 4 orang. Ada tumis genjer juga, ayam bumbu desa, tahu dan tempe goreng plus lalapan. Yang pualing enak menurut gue tahu goreng sama tumis terong baladonya. Masya Allah, bagi gue yang tinggal di Jakarta, belum pernah gue makan tahu goreng selembut disini. Nggak dipakein bumbu apa-apa sih, tapi sumpah tahunya itu lembut dan empuk bangettt. Kalo tumis terong baladonya, wuiih ibarat facebook 'like this' lah pokoknya, hahaa. XD Agak horor awalnya liat terong yang dibanjirin sama ulekan cabe. Entah dapet kekuatan darimana gue jadi berani buat nyicipin. Beneran aja loh enak banget. Nggak pedes sama sekali. Kombinasi yang paasss banget, hohooo ( okey I'm starving ;p ) Udah selesai makan, gue penasaran nih nanya kira-kira bayar berapa. Hmm I thought it was around 150. Tapi setelah gue liat bonnya, Oh my.. It was only Rp 105.000 plus tax and service charge! Padahal gue udah kenyang mampus, hahaa.




Udah sampe Bandung dan udah kenyang.
Saatnya menjelajahi fo-fo yang ada.
Tunggu cerita kuliner gue di Bandung selanjutnya..

Duduu :)

Virna.

1 comments:

laura said...

buset
lu makan sekitar pasir kaliki aja yaa?
ke setibudi tuh bnyk yg enak2, jalan riau jugaak.
makan di bumbu desa mah macam yg ada di jakarta. ehehhe.
tapi sambelnya menggida deh! hhhehe

Post a Comment

Made by Order Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino